Yummy! Dumpling dan Makanan Halal Khas Hongkong Ini Bikin Ketagihan

Salah satu kuliner Tionghoa yang populer adalah dumpling, Anda bisa menemukan dumpling halal pada restoran makanan halal di Hongkong. 

Yummy! Dumpling dan Makanan Halal Khas Hongkong Ini Bikin Ketagihan - Tionghoa memiliki aneka ragam kuliner dumpling, berikut ini dumpling halal yang bisa Anda nikmati, ketika berkunjung ke Hongkong. 

1. Siu Mai

Dalam bahasa Kanton, dimsum berarti makanan kecil, kuliner khas Tionghoa ini bisa dikatakan populer di penjuru dunia. 


 

Dumpling sendiri merupakan salah satu dari jenis dimsum, yang digemari orang-orang.
Salah satu dumpling yang sangat familiar adalah siu mai atau siomay, disantap dengan kecap asin atau cuka sebagai pelengkapnya. 

Kuliner ini bisa dibuat dari daging ayam, ikan maupun udang, yang terbungkus oleh kulit tipis dari tepung terigu.   

Bahan yang diperlukan adalah kulit pangsit, udang kupas atau daging ayam, daun bawang, serta tepung kanji. 

Selain itu, bahan lainnya adalah minyak wijen, garam, gula pasir, merica, dan wortel.
Anda bisa mencoba siu mai kukus ayam yang lembut dan lezat di Kantin Islamic Centre. 

Restoran ini bisa ditempuh kurang lebih selama 10 menit, jika berjalan kaki dari stasiun MTR Causeway Bay.

Lokasinya berada di dalam masjid, lantai 5, Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai. Sesuai namanya, restoran ini menjual makanan halal yang telah tersertifikasi, pemiliknya juga seorang muslim. 

Baca Juga 

Mulai Es Krim Hingga Bakery, 10 Makanan Halal Khas Hongkong Ini Bikin Ketagihan


2. Har Kow

Penyebutan lainnya adalah har gau, keunikannya adalah dibungkus dengan kulit yang licin serta mengkilap, bahkan hampir transparan. Biasanya, dumpling ini diisi dengan udang dan rebung.

sumber : www.flickr.com

 Penyajian hidangan ini dapat menentukan nilai dari keterampilan koki dimsum. Sebab, secara tradisional, har kow memiliki tujuh lipatan pada kulit pembungkusnya, atau sepuluh lipatan yang lebih disukai.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit har kow adalah tepung sagu, tepung tang mien, air mendidih, serta minyak goreng. Bahan isiannya adalah kecap ikan, udang kupas kecil, garam, minyak wijen, merica bubuk, tepung maizena, daun bawang, dan rebung.

Anda bisa menikmati har kow atau pangsit udang kukus di Kantin Islamic Centre. Namun, Anda harus cepat, karena dimsum pada restoran makanan halal tersebut, biasanya tidak tersedia lagi setelah jam tiga sore.

3. Wonton 

Wonton adalah daging cincang yang dilapisi dengan lembaran tepung terigu atau kulit pangsit. Kuliner ini dapat disajikan dalam bentuk sup, atau sebagai pelengkap dalam sajian mie. 


Bahan yang diperlukan adalah udang kupas, minyak wijen, kecap asin, garam, merica bubuk, daun kucai, serta tepung maizena. 

Bisa dikatakan Kantin Islamic Centre merupakan tempat yang menyajikan dimsum halal terbaik di Hongkong. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah wonton udang goreng, di mana kerenyahan kulitnya terdengar dari seberang meja.  

Namun, Anda bisa mencoba wonton kuah di Islam Food, Hongkong. Cabang utama Islamic Food yang menjual makanan halal ini berlokasi di G/F, no.1 Lung Kong Rd, Kowloon City. 

Sementara, outlet baru Islamic Food terletak di G/F, no.33-35, Tak Ku Ling Rd, Kowloon City, Kowloon.

4. Cheung Fun

Hidangan yang terbuat dari gulungan mie beras ini, berasal dari Provinsi Guangdong Tiongkok serta Hongkong. Biasanya, cheung fun disajikan dalam bentuk camilan, atau variasi dimsum.

Gulungan tipis pada kuliner ini berasal dari shahe fen, lalu diisi dengan udang, sayuran, daging sapi, serta bahan lainnya. Cheung fun sangat cocok dikonsumsi dengan saus pendamping yang dibuat dari bahan dasar kecap asin dan wijen. 

Bahan yang dibutuhkan pada cheung fun adalah udang rebus, tepung beras, tepung tapioka, garam, air, serta daun bawang. Adapun, bahan lainnya adalah minyak sayur, minyak wijen, bawang putih, cabai kering kasar, kecap asin, lada bubuk dan jahe. 

Jika Anda berniat mencicipi cheung fun, bisa mengunjungi Kantin Islamic Centre. Berbagai aneka dimsum, dumpling, serta makanan halal lainnya, bisa Anda nikmati di sana.

5. Jiaozi

Jiaozi merupakan dumpling yang isinya terdiri dari daging cincang dan sayuran, serta tekstur kulitnya tebal. Biasanya, kuliner ini diolah dengan cara direbus.


Lembaran tepung terigu yang digunakan untuk membungkus isian adalah adonan kulit dari campuran beberapa bahan. Adapun, bahan untuk membuat adonan kulit adalah tepung terigu, garam dapur serta air. 

Jiaozi berbeda dengan wonton atau pangsit, karena jiaozi memiliki tekstur kulit yang lebih tebal dari wonton. Jepang menyebutnya dengan nama gyoza, sementara di Korea terkenal dengan sebutan mandu. 

Bahan yang dibutuhkan adalah daging sapi cincang, daun kol, bawang putih, merica bubuk, jahe, minyak wijen, dan saus tiram. Serta, bahan lainnya yaitu kulit dimsum, tepung tapioka, minyak goreng, serta air. 

Sementara, untuk membuat saus sebagai pelengkapnya, membutuhkan bahan seperti, kecap asin, cuka, dan minyak cabai. Jika Anda mencari varian dimsum halal maupun makanan yang sudah terjamin kehalalannya di Hongkong, bisa mendatangi Islamic Centre Canteen. 

Karena, Kantin Islamic Centre sudah memperoleh sertifikat halal, dapat dipastikan semua hidangan yang dijual adalah makanan halal. 

Baca Juga 

#24 Tempat Wisata Di Hong Kong Yang Wajib Kamu Kunjungi

6. Bakpao Kacang Merah 

Selain aneka dimsum, Anda bisa menikmati sajian bakpao kacang merah di Islamic Centre Canteen, Hongkong. Umumnya, bakpao merupakan roti kukus khas Tionghoa yang berisi daging.


Namun, saat ini isian bakpao beraneka ragam seperti, kacang merah, kacang kedelai, sayuran, serikaya, selai kacang, dan lainnya. Adonan bakpao membutuhkan bahan seperti, gula, air hangat, tepung terigu, baking powder dan mentega. 

Aneka dimsum maupun dumpling halal yang terkenal dan terlengkap di Hongkong dapat ditemukan dalam Islamic Centre Canteen. Namun, makanan halal seperti dimsum, bisa juga dibeli di Islam Food, Hongkong.

Belum ada Komentar untuk "Yummy! Dumpling dan Makanan Halal Khas Hongkong Ini Bikin Ketagihan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel