14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Setiap bulan puasa pasti akan banyak sekarang jajanan kekinian yang unik dan hanya bisa kamu temukan di bulan puasa Ramandha. Saking uniknya kamu gak akan bisa menemukan jajanan kekinian yang viral seperti ini di hari lain.

Jajanan Viral Kekinian Yang Wajib Kamu Coba Di Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia.

Bulan Ramandhan memang selalu memberikan suasana rindu bagi umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, setiap daerah memiliki cara masing-masing untuk merayakan kedatangan bulan suci yang mulia ini, salah satunya adalah melalui makanan.

Masyarakat di berbagai daerah kerap membuat kuliner khas yang hanya muncul ketika bulan ramadhan tiba.

Kuliner khas yang hanya muncul setahun sekali ini menjadi incaran bagi berbagai warga Indonesia untuk menjadi menu buka puasa atau menu takjil.

Banyak orang yang rela ngantri hanya untuk mendapatkan kuliner khas bulan puasa bahkan sampe ada yang nitip di awal.

Jalan seru akan memberikan kamu kuliner unik yang hanya ada di bulan ramadan yang kita kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

1. Kicak

Kicak sendiri merupakan kuliner unik yang berasal dari Yogyakarta dan makanan ini hanya ada dan bisa kamu temukan di bulan ramadan.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
kicak tiket.com

Kicak dibuat dari singkong yang di kukus. dan di sajikan bersama dengan taburan parutan kelapa di atasnya.

Makanan ini bisa kamu temukan di pasar sore Kauman yang terletak di Yogyakarta. Pasar ini terletak di kampung Muhammadiyan di jalan Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Saat di makan, kicak akan terasa sangat lembut dan manis. Taburan parutan kelapa menambah rasa asin dan gurih dipadukan denga aroma dari potingan buah nangka dan daun pandan.

Makanan ini wajib banget kamu coba karena makanan ini enak dan bisa meningkatkan napsu makan saat berbuka puasa.

2. Sate Susu

Salah satu kuliner unik yang hanya ada di bulan Ramadhan selanjutnya adalah sate susu yang merupakan kuliner khas Bali.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
sate susu kompas.com

Makanan ini bisa kamu temukan di bulan Ramadhan dan kamu bisa menemukannya di Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat.

Makanan khas ini berasal dari puting susu sapi yang di potong dadu kemudian di rebus dan di berikan bumbu yang khas.

Bumbu sate yang di gunakan berasal dari tepung beras yang di campur dengan santan dan aneka rempah-rempah yang di pakai adalah kencur, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih.

Baca Juga 

15 Tempat Buka Puasa di Bogor Yang Murah Dan Enak


3. Sotong Pangkong

Kuliner unik lain yang hanya ada di bulan Ramadhan selanjutnya adalah soto pangkong.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
sotong pangkong tribunnews.com

 

Kuliner ini berasal dari Pontianak dengan bahan dasar adalah sotong atau cumi yang di keringkan menggunakan arang yang di bakar.

Sotong di keringkan di atas arang terlebih dulu dipukul-pukul hingga berbentuk pipih. Sotong pangkong merupakan kuliner yang sangat terkenal sebagai kuliner yang ada di bulan Ramandan.

Sotong pangkong biasanya di sajikan dengan panduan sambal kacang, sambal asam manis pedas, dan cuka.

4. Lemang

Kuliner unik yang hanya ada di saat bulan Ramadhan selanjutnya adalah lemang yang merupakan kuliner unik yang khas berasal dari daerah melayu yaitu Minangkabau.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
lemang detik.com

 

Jajanan ini merupakan jajanan yang paling unik dan juga terfavorit masyarakat setempat. Dibuat dari bahan dasar ketan yang di masak dengan bumbu khas.

5. Pakat

Salah satu kuliner unik yang ada di bulan Ramadan selanjutnya adalah Pakat yang merupakan kuliner khas asal Mandailing Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
Pakat liputan6.com

 

Pakat sendiri merupakan makanan yang terbuat dari pucuk muda sejenis rotan yang disajikan dengan cara di rebus kemudian kulit luarnya di buang dan isinya yang berwarna putih diambil lalu diiris.

Makanan ini memiliki tekstur yang sangat lembut. Pakat biasanya di santap dengan nasi sebagai lalapan atau di campur dengan saryuran.

6. Asida

Satu lagi kuliner unik yang hanya ada saat bulan puasa selanjutnya adalah Asida yang merupakan kuliner tradisional dari Maluku.

 

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
asida liputan6.com

Berbahan dasar tepung terigu, gula merah, kapulaga, kayu manis dan daun pandan. dan jadinya makanan ini memiliki terkstur rasa kenyal seperti dodol.

7. Gulai Siput

Kuliner unik yang hanya ada di bulan Ramadan selanjutnya merupakan kuliner yang memiliki bahan dasar siput yaitu gulai siput.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
gulai siput merdeka.com

 

Makanan khas yang berasal dari daerah Tanjung Pinang, kepulauan Riau ini merupakan makanan berbahan dasar siput yang dipadukan dengan santan yang selanjutnya di masak hingga menjadi kental seperti gulai.

Baca Juga 

25 Tempat Buka Puasa Di Jakarta Yang Murah Dan Enak, Recomendasi Banget


8. Mie Glosor

Kuliner unik yang bisa kita temukan saat bulan suci ramadhan selanjutnya adalah Mi Glosor. Kuliner unik ini banyak di temukan di daerah bogor, Jawa Barat.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
mie glosor idntimes.com

 

Mi Glosor ini merupakan istilah yang di ambil dari bahasa sunda yang berarti mudah ditelan.

9. Ebetan

Kuliner unik yang hanya ada di bulan suci ramadan selanjutnya adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang panjang, daun belimbing, terong, paria dan daun kemangi.

Nantinya semua bahan yang sudah saya sebutkan di atas itu di campurkan dengan bumbu urap yang terbuat dari kelapa parut.

10. Bongko Kopyor

Jajanan unik yang bisa kamu temui di bulan puasa selanjutnya adalah Bangka Kopyor yang merupakan makanan khas yang di buat dari bahan baku buah nangka.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
Bongko kopyor resepgulaku.com

 

Bangka kopyor sendiri merupakan sebuah kata singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor.

Menu yang hanya ada di saat bulan Ramadhan tiba terbuat dari tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, santan, serta roti tawar.

Biasanya jajanan ini di sajikan sebagai salah satu menu buka puasa yang ada di sekitar pesisir gresik.

11. Kolak Pisang

Setiap mau masuk ke bulan puasa pasti yang terbayang di kepala kita adalah minuman yang menyegarkan dengan nama Kolak Pisang.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
kolak pisang sayurbox.com

 

Kolak pisang adalah minuman yang populer di bulan puasa. Walau agak rumit membuatnya namun minuman yang terdiri dari campuran buah pisang, ubi, dan kolang-kaling membuat minuman ini sangat nikmat untuk kamu minum saat buka puasa.

12. Kue Padamaran

Kue yang hijau Padamaran adalah kue yang hanya bisa kamu temukan saat bulan suci ramadhan saja.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

 

Memiliki tektur yang lembut dengan rasa yang manis, cemilan ini cocok banget untuk kamu santap di saat waktu berbuka.

Kue unik yang satu ini bisa kamu temukan di Negeri Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dan kue ini merupakan kue unik yang hanya ada dibulan ramadan tiba.

13. Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan salah satu makan khas Bukittinggi, Sumatera Barat. Hidangan berbentuk bubur ini terbuat dari campuran beberapa bubur, seperti candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

 

Berbagai campuran ini kemudian di siram kuah santan yang di campur gula merah. Untuk rasa itu unik banget dan manis sehingga cemilan ini cocok banget untuk kamu jadikan makanan di saat berbuka puasa.

Baca Juga 

Tetap BUKA, 5 Tempat Wisata Bogor Buka Saat Pandemi


14. Ketan Bintul

Salah satu cemilan khas yang di makan oleh orang Serang, Banten, saat berbuka puasa adalah Ketan Bintul.

14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

 

Makanan yang berbahan baku nasi ketan yang di tumbuk dan di sajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi ini merupakan makanan kesukaan para raja Banten.

Rasa yang lezat dan gurih dan ketan bintul juga bisa mengenyangkan perut kamu yang kosong setelah kamu menjalani ibadah puasa seharian.

2 Komentar untuk "14 Jajanan Kekinian Yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan"

  1. Penasaran sama sate susu. Kalau yang asida itu sudah pernah nyoba. Enak dan nagih. Dulu pas masih di Maluku Utara, sering beli kue Asida.

    BalasHapus
  2. Nomor 11 pasti dicari semua orang di ramadhan :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel