28 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Selama Liburan

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Selama Liburan - Yogyakarta atau jogja merupakan sebuah daerah yang masih kental dengan adat istiadat jawanya.

image : https://www.flickr.com

Di jogja terdapat banyak tempat wisata jogja yang bisa kita kunjungi selama kita berlibur dan atau kebetulan saja sedang berada di wilayah jogja ini.

Dengan lingkungan yang masih asri sehingga banyak pengunjung dan wisatawan mancanegara dan wisatawan asing datang hanya untuk menikmati suasana jogja yang masih sangat kental dengan budaya jawanya.

Di jogja juga banyak terdapat tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan banyak tempat-tempat yang sangat unik yang membuat kamu tidak akan pernah bosan untuk di pandang dan kamu nikmati.

Penasaran dengan tempat-tempat wisata di yogyakarta, jalanseru.com akan memberikan sedikit rangkuman mengenai tempat-tempati wisata di jogja yang bisa kamu kunjungi.

Tempat wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan tempat wisata di jogja yang cukup terkenal, dalam sejarahnya. Candi Prambanan di bangun dalam waktu satu malam dan tempat ini merupakan tempa yang paling bersejarah di indonesia.

Candi Prambanan merupakan tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu sedang berkunjung ke yogyakarta karena candi ini berlokasi di sekitar 17 KM dari pusat kota Jogja.

Dan tempat ini di waktu tertentu sering di adakan berbagai acara musik maupun acara seni dengan latar belakang Candi Prambanan.

Baca juga Melihat Para Binatang Dari Dekat Di Tempat Wisata Alam Taman Safari

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu tempat wisata di jogja yang wajib kamu kunjungi lainnya adalah Wisata Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Yogyakarta.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan tempat wisata alam di jawa tengah yang menawarkan wisata alam yang sangat indah dan masih asri.

Terletak di wilayah Gunung Kidul, Desa Wisata Blebean, Ngarai Sungai Oya yang tidak jauh dari pusat kota jogja kerja.

Wisata Curug Indah Tegalrejo Yogyakarta

Kamu yang memiliki rasa cinta dengan alam kota jogja, maka salah satu wisata alam di jawa tengah yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan.

Curug Indah Tegalrejo menjadi tempat favorit untuk kamu yang mencari kesegaran air pegunungan dan indahnya pemandangan di sekitar Curug yang masih sangat asri.

Lokasi curug ini berada di Tegalrejo, Gunung Kidul yang memiliki perbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Dan satu lagi, kamu bisa menikmati pemandangan ini secara gratis tanpa biaya apapun, dan kamu hanya dikenakan biaya parkir kendaraan kamu.

Wisata belanja Pasar Beringharjo

Jika kamu merupakan orang yang gemar berbelanja, kamu bisa datang ke pasar Beringharjo yang sangat terkenal di Yogyakarta.

Pasar ini menyediakan banyak sekali aksesoris, kenang-kenangan, pakaian, jajanan dan lain sebagainya yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh kerabat atau sodara kamu di rumah.

Wisata Kampung Wijilan Yogyakarta

Kampung Wijilan merupakan salah satu tempat wisata jogja yang sangat terkenal. Bagi kamu para pecinta wisata kuliner maka kampung wijilan bisa kamu jadikan salah satu tempat tujuan kamu untuk mencari makanan khas kota jogja.

Berlokasi tidak jauh dari Legiannya Jogja, tempat ini menjadi salah satu tempat tujuan turis yang mampir dan berkunjung ke sini.

Tempat wisata Benteng Vredeburd jogja

Selain keraton jogja, ternyata di kota Yogyakarta masih banyak terdapat benteng dan tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi.

Salah satunya adalah Benteng Vredeburg yang merupakan benteng peninggalan kolonial belanda yang berada di Yogyakarta dan sekarang sudah di jadikan sebagai salah satu museum yang bisa di kunjungi oleh masyarakat umum.

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Kota Yogyakarta selain terkenal dengan budaya dan tempat bersejarahnya, ternyata kota jogja juga memiliki julukan lain, yaitu sebagai kota pelajar.

Jika kamu tertarik dengan bidang pendidikan, maka kamu bisa datang dan berkunjung ke taman Taman Pintar Yogyakarta.

Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan salah satu tempat wisata kamu di jogja karena selain berwisata kamu juga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu.

Taman ini terbuka untuk umum dan di sini terdapat berbagai fasilitas yang bisa kita pergunakan di antaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain dan juga ruang pertemuan multifungsi.

Dengan biaya masuk sebesar 15Rb kamu bisa menikmati semua fasilitas yang ada di tempat ini dan kamu tinggal datang langsung ke alamat Jl. Sinopati No. 1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo

Di indonesia memang tidak ada yang namanya salju yang bisa membuat kamu bermain snowboarding.

Namun ada cara lain yang bisa kita pergunakan untuk bermain snowboarding di cuaca Indonesia yang memiliki iklim tropis ini.

Kita bisa bermain snowboarding di atas pasir pantai yang putih dan hanya ada di Gumuk Pantai Parangkusumo.

Gumuk pasir hanya ada 2 di dunia ini yaitu di Meksiko, dan yang satu lagi ada di Pantai Parangkusumo yang ada di Jogja.

Wisata Istana Ratu Boko Di Yogyakarta

Satu lagi wisata sejarah yang ada di kota Jogja yang harus kamu kunjungi jika kamu datang dan sedang berlibur di kota jogja yaitu Istana Ratu Boko yang berada 2 km ke arah timur Candi Prambanan.

Pengelola Istana Ratu Boko menerapkan 2 tiket masuk yang berbeda, yaitu tiket reguler dengan tiket sunset.

Tiket sunset bisa kamu beli di atas jam 3 sore hari, dengan harga tiket tiga kali lebih mahal dari harga tiket masuk reguler.

Nikmati pasir putih di Pok Tunggal

Pok tunggal merupakan salah satu tempat wisata jogja dengan pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan juga bersih.

Tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga tempat ini banyak sekali di kunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur dan berkunjung ke kota jogja.

Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di kota Jogja dan merupakan salah satu ikon wisata pantai yang ada di Yogyakarta.

Banyak para wisatawan lokal dan wisatawan asing yang datang ke pantai ini dikarenakan keindahan pantai Parangtritis Jogja.

Pantai Parangtritis ini terletak sekitar 2 KM di selatan pusat kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga pantai ini memiliki ombak dan juga arus laut yang cukup kuat.

Baca juga 22 Tempat Wisata Di Bogor Puncak Yang Wajib Kamu Kunjungi Selama Liburan

Wisata pantai Baron Jogja

Ternyata kota jogja memiliki banyak pantai yang menjadi objek wisata yang bisa kita kunjungi. Selain pantai Parangtritis ternyata di Jogja terdapat pantai yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu pantai Baron.

Selain melihat pemandangan pantai yang indah di sini kamu juga bisa menikmati aneka sajian makanan serba seafood yang sangat enak hingga membuat lidah bergoyang.

Pantai ini terletak sekitar 65 KM dari pusat kota Jogja dan pantai ini merupakan sebuah teluk dengan di ampit oleh kedua bukit dari sebelah kiri dan juga kanan.

Wisata panjat tebing di pantai Siung Jogja

Kamu penggemar panjat tebing, kamu bisa berwisata ke pantai Siung Jogja. Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil melakukan olah raga panjat tebing.

Di tempat ini terdapat lebih dari 250 jalur panjat sehingga tempat ini merupakan tempat yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan penikmat olah raga panjat tebing.

Berwisata ke pabrik gula Madukismo Yogyakarta.

Jika kamu ingin mengajak keluarga kamu untuk berwisata sejarah, kamu bisa kunjungi Pabrik Gula Madukismo.

Pabrik tua yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuatan gula ini, sekarang telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata sejarah di kota jogja.

Jika kamu ingin berwisata sejarah dan mengetahui mengenai sejarah pabrik gula, maka kamu bisa langsung datang saja ke Kasihan, Bantul.

Museum Sisa Hartaku

Beberapa tahun lalu Gunung Merapi yang ada di Kota Jogja, menyemburkan awan panasnya sehingga Kota Jogja yang kota-kota lain di sekitar gunung Merapi tertutup abu volkanik.

Museum ini  berisikan sisa harta peninggalan para penduduk yang pernah tinggal di kaki gunung Merapi. Di peninggalan ini terdapat juga sisa harta, ternak, rumah dan lain sebagainya.

Museum Affandi, Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja

Kamu merupakan pecinta seni lukis, museum seni lukis yang ada di kota jogja ini wajib untuk kamu kunjungi selama kamu berada di kota jogja.

Museum ini terdapat banyak sekali koleksi hasil lukisan maestro indonesia asal jogja yang di pajang di dalam museum ini.

Tempat wisata jogja ini beralamat di pinggir kali gajah wong, tepatnya di jalan Laksda Adisucipto 167. dengan membayar tiket dengan harga Rp 20 rb kamu bisa menikmati mahakarya Affandi yang berjumlah ratusan.

Wisata museum Sonobudoyo Siung Jogja

Satu lagi wisata sejarah yang ada di kota jogja, yaitu Museum Sonobudoyo Siung Jojga. Museum ini di resmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1935.

Museum ini memiliki koleksi budaya dan sejarah pulau jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah museum Nasional Republik Indonesia yang ada di jakarta.

Harga tiket masuk ke museum ini adalah Rp 3000 untuk orang dewasa dan Rp 2,500 untuk anak-anak.

Disini juga terdapat pertunjukan wayang kulit dengan menggunakan bahasa jawa diiringi dengan musik gamelan jawa yang di mulai dari jam 20:00 hingga jam 22:00 di malam hari dan untuk menontonya kamu hanya cukup membayar uang sebesar Rp 20.000 per orang

Jika kamu ingin ke museum ini, kamu tinggal langsung datang saja ke alamat Jl. Trikora No 6 Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Keraton Yogyakarta

Tempat wisata di jogja selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kraton Yogyakarta. keraton ini merupakan kerajaan yang sudah ada sejak jaman dulu dan merupakan salah satu tempat yang di gunakan pejuang untuk merebut kemerdekaan.

Untuk kamu yang ingin datang ke Keraton Yogyakarta, kamu disarankan untuk datang pada jam 8 pagi, karena Keraton Yogyakarta akan di tutup pada jam 2 siang.

Kebun binatang Gembira Loka

Selain wisata sejarah yang ada di kota Yogyakarta, ternyata kita juga bisa bermain dan juga berkunjung untuk melihat binatang-binatang yang ada di kebun binatang Bembira Loka.

Selain melihat satwa yang ada di kebun binatang, ternyata kita juga bisa bermain wahana lain yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka. Seperti bermain tangkap ikan, Speda air, ATV, Perahukayuh, Menunggang gajah, Menunggang onta, dan lain sebagainya.

Berwisata Ke Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan jalan yang paling terkenal di kota Yogyakarta, Jalan ini merupakan jalan yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan asing ataupun wisatawan mancanegara.

Di sini terdapat berbagai toko yang menjual pernak-pernik yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh keluarga kamu di rumah.

Dan jika di malam hari jalan ini terdapat banyak orang jualan yang menjual makanan khas Yogyakarta atau digunakan oleh para pemuda di sini sebagai tempat nongkrong.

Wisata Istana Air Taman Sari

Istana taman sari merupakan sebuah taman yang berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh. Istana Air Taman Sari adalah satu tempat wisata di jogja yang terkenal karena keunikan dari tempat ini yang tidak di miliki tempat lain.

Udara di tempat ini juga sangat sejuk dan di tempat ini terdapat kolam buatan dan terdapat juga kebun bunga yang berbau harum.

Kamu bisa masuk dan menikmati Wisata Istana Air Taman Sari hanya dengan membayar Rp 5.000 kamu bisa berkeliling dan menikmati pemandangan wisata Istana Air Taman Sari.

Wisata Gunung Merapi

Tempat yang satu ini tidak boleh kemu lewatkan, Objek wisata gunung merapi merupakan tempat wisata alam di jogja yang sangat populer dan banyak para wisatawan untuk datang ke tempat ini hanya untuk berwisata dan menikmati keindahan pemandangan di sini.

Harga tiket masuknya sangat murah hanya Rp 3.000 rupiah perorangan dan kamu bisa menaklukkan gunung berapi yang ada di kota jogja.

Wisata Gondola Tradisional di Pantai Timang Jogja

Satu lagi tempat wisata yang ada di kota jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu wisata Pantai Timang.

Di pantai ini terdapat permainan tradisional dengan nama Gondola Tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk kita pergunakan.

Gondola ini biasa di pergunakan oleh para nelayan di wilayah ini untuk mencari lobster yang terdapat di pulau karang dengan ombak setinggi minimal 5 Meter.

Jika kamu merupakan orang yang menyukai tantangan, kamu bisa menguji adrenalin kamu dengan menggunakan gondola ini sambil menikmati jernihnya air di pantai ini.

Baca juga Tempat Wisata Di Bandung Yang Sesuai Dengan Budget Kamu

Wisata Goa Selarong

Biasanya Goa dipergunakan oleh orang-orang untuk di jadikan tempat ritual. Bagi kamu pecinta hal-hal yang berbau misteri, kamu bisa datang saja langsung ke Goa ini. Sebagian orang di sekitar sini goa ini memiliki nilai mistik dan juga mengandung misteri.

Di dalam goa terdapat fasilitas yang bisa kamu pergunakan seperti toliet, tempat ibadah, sarana bermain, gardu pandang, pendopo untuk beristirahat dan bahkan tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat berkemah.

Untuk kamu yang ingin ke tempat ini, kamu bisa langsung saja datang ke alamat Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berwisata Di Desa Dan Hitan Wisata Kalibiru

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah dengan udara yang sangat sejuk dan tenang, kamu bisa langsung saja datang ke Desa dan  Hutan Wisata Kalibiru karena tempat ini memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para wisatawan.

Terletak di pegunungan Manoreh, Kabupaten Kulonprogo. di sini terdapat Kalibiru, desa dan juga hutan wisata yang menjadi salah satu ekowisata di kota jogja.

Wisata Cave Tubing Di Goa Pindul Jogja

Tempat wisata yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan karena tempat ini memiliki keindahan yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Cave Tubing merupakan Goa yang sangat terkenal dengan keindahan kota dan goa ini merupakan salah satu goa yang terbentuk dari proses batuan Karst dalam waktu jutaan tahun sehingga goa ini dapat terbentuk.

Selain itu sungai bawah tanah di goa ini juga sangat eksotik karena air di goa ini sangat jernih sehingga kamu bisa bermain dan berenang di dalam sungai bawah tanah di goa ini.

Cave tubing di goa pindul ini merupakan salah satu surga yang tersembunyi dan tidak terlalu banyak orang yang tau.

Pantai Indrayanti

Satu lagi wisata pantai yang ada di kota jogja yang tepatnya di Gunungkidul Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Pantai ini juga sangat terkenal dengan nama pantai pulang syawal ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Gunungkidul.

Pantai ini akan membuat kamu merasa betah berlama-lama di sini, karena di sini terdapat hamparan pasir pantai yang putih dan air laut yang juga sangat jernih.

Disini juga terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga kamu bisa menikmati es kelapa mudah yang sangat segar.

Di pantai ini kamu juga bisa menyewa cottage yang bisa kamu pergunakan untuk menikmati malam kamu di pantai Indrayanti ini.

Jika kamu ingin ke pantai ini, kamu bisa langsung saja datang ke alamat Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Sundak

Tempat wisata di jogja selanjutnya adalah pantai sundak yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata di jogja yang berlokasi di Desa Sindoharjo.

Pantai ini memiliki pasir pantai yang sangat putih serta bentangan bibir pantai yang sangat landai sehingga sangat cocok untuk kamu jadikan tempat liburan bersama keluarga kamu.

Di tambah ombah di pantai ini sangat tinggi sehingga untuk kamu yang menyukai olah raga selancar wajib untuk datang ke pantai Sundak ini.

Jika kamu tertarik untuk datang dan menikmati pantai Sundak, kamu bisa langsung datang saja ke Desa Sidoharjo, Kecamatan Tapus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

28 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Selama Liburan di atas sangat di sayangkan jika tidak semua tempat wisata di atas tidak kamu kunjungi.

Sekian artikel jalanseru.com, semoga artikel saya kali ini dapat membantu kamu yang sedan merayakan liburan ke kota Yogyakarta.

Belum ada Komentar untuk "28 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi Selama Liburan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel