Cara Beli Emas Di Lelang Pegadaian

Pegadaian sering mengadakan lelang Emas uang bisa masyarakat umum ikuti dan kita bisa membeli emas dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara Beli Emas Di Lelang Pegadaian


Cara Beli Emas Di Lelang Pegadaian - Emas memang merupakan barang yang dapat dengan mudah kita jual kembali jika kita membutuhkan dana darurat.

Selain emas, Pegadaian juga sering melakukan lelang barang-barang berharga lainnya namun dengan harga tidak jauh dari harga pasar.

Pegadaian juga bisa kita pergunakan untuk meminjam sejumlah uang dengan syarat kamu harus memberikan jaminan berupa aset sesuai dengan ketentuan. Seperti emas, barang elektronik, dan lain-lain.

Barang yang sudah kamu gadaikan bisa kamu ambil kembali jika kamu sudah memiliki cukup uang untuk menebusnya.

Tapi, banyak juga dari peminjam yang tidak sanggup untuk melunasi pinjaman di Pegadaian dan akhirnya barang yang di jadikan aset akan menjadi milik pegadaian.

Nantinya barang-barang yang ada di pegadaian yang sudah terkumpul akan di lelang oleh pegadaian dan barang lelang ini yang banyak di incar oleh para pembeli.

Biasanya para pencari barang murah gemar membeli barang lelang pegadaian karena pegadaian akan mencual barang dengan juminan bagus tapi harga miring.

Nantinya hasil penjualan barang-barang lelang akan di pakai untuk menutup dana yang di pinjam oleh para nasabah yang meminjam uang.


Syarat ikut lelang pegadaian

Persyaratan untuk bisa mengikuti lelang pegadaian bisa di bilang cukup mudah karena kamu cukup menyertakan KTP saja agar kamu bisa ikut lelang pegadaian.

Karena setelah kamu mendapatkan barang yang kamu beli maka proses transaksi akan berlangsung di kasir dan kamu bisa membawa barang yang kamu beli dengan menyertakan KTP.


Syarat beli barang lelang pegadaian

Agar kamu bisa membeli barang lelang pegadaian, kamu wajib banget untuk mengetahui dahulu aturan lelang pegadaian.

Kita bisa mengunjungi kantor pegadaian terdekat untuk menanyakan jadwal lelang akan berlangsung.

Biasanya lelang pegadaian akan di adakan setiap dua minggu sekali. Bisa juga setiap hari, hal ini tergantung dari kebiajakan masing-masing unit

Tahapan lelang pegadaian adalah sebagai berikut ini

  • Kamu datang ke loket bagian lelang di Pegadaian dan meminta informasi barang apa saja yang akan di lelang.
  • Mengikuti lelang di lokasi yang sudah di tentukan.
  • Petugas lelang akan mengumumkan barang apa saja yang di lelang, termasuk mengumumkan kondisi barang apakah dalam keadaan baik atau ada cacat.
  • Nantinya jika sampai hitungan ke tiga tidak ada yang memberikan tawaran lebih tinggi, barang akan diserahkan kepada penawar dengan nilai tinggi.
  • Setelah berhasil mendapaktan barang melalui beli barang lelang Pegadaian, langkah berikutnya adalah transaksi dengan menandatangani dokumen bukti transaksi.

Tips menikuti lelang pegadaian

Hal yang paling penting harus kamu ketahui, Pegadaian hanya mengadakan lelang secara langsung di kantor-kantor unit mereka.

Ada juga beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab kadang memanfaatkan kondisi dan melakukan penipuan dengan membuat lelang fiktif.

Ada juga beberapa oknum yang terang-terangan menggunakan nama Pegadaian untuk praktek penipuan.

Terkadang harga barang lelang di pegadaian memang cukup murah dan jika kamu berniat untuk mengikutinya kamu bisa mengikuti tips berikut ini

Mematok Budget

Jadi saat proses lelang berlangsung, sering terjadi adu tawar menawar yang cukup sengit. Jadinya harga barang itu malahan jadi tinggi. Kita bisa berfikir terlebih dulu jika ingin membeli barang tersebut.

Untuk menghindarinya kamu sebaiknya mematok budget, Misalnya kamu mau membeli emas lelang, kamu wajib untuk tetapkan budget sebesar 4 juta.

Apabila harga barang lebih tinggi dari budget jangan memaksakan diri untuk membelinya.

Cari barang incaran

Saat lelang akan banyak barang yang di tawarkan namun agar kamu gak kebingungan maka ada baiknya kamu sudah membidik terlebih dulu barang yang ingin  kamu beli.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara bertanya terlebih dulu kepada petugas sebelum kamu mengikuti lelang.

Jadinya kamu bisa tahu barang apa saja yang akan di lelang dan kamu sudah bisa memilih barang dan mantap untuk membelinya.

Cari informasi harga pasaran

Misi dari membeli barang lelang adalah agar kita dapat harga lebih murah dari pada harga beli baru.

Untuk itu kamu wajib untuk mencari tahu harga barang yang ingin kamu beli agar tidak lebih mahal dari harga pasaran.

Pastikan Legalitas barang

Kita wajib memastikan sega hal terkait dengan legalitas barang yang akan kita beli. Misalkan kamu mau membeli sepeda motor, maka kamu harus memastikan motor tersebut memiliki kelengkapan surat-surat seperti BPKB dan STNK

Jika kamu ingin membeli emas lelang pegadaian, maka kamu wajib banget untuk memastikan emas tersebut memiliki sertifikat.

Jangan sampai kita membeli barang bodong alias barang yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap.


Cara beli emas di Pegadaian

Jika kamu tertarik untuk membeli emas pegadaian, maka kamu wajib bertanya telebih dulu ke petugas pegadaian kapan akan di adakan lelang.

Nantinya kamu akan di berikan informasi kapan pegadaian akan mengadakan lelang mulai dari hari dan waktunya.

Membeli emas di pegadaian juga bisa di cicil jika kamu tidak memiliki uang saat itu untuk membelinya langsung.

Sistemnya di cicil perbulan, tenornya 3, 6, 9, sampai 12 bulan dan yang pasti jika belum lunas maka emas yang kamu beli tidak bisa di bawa pulang.

Jika kamu membeli emas secara cicil seperti biasa akan ada biaya administrasi dan juga bunga yang wajib kamu bayar juga.

Saran jika memungkinkan kamu harus membayarnya secara cash. Jika dana kita tidak mencukupi kamu bisa membeli Emas dengan gram yang sesuai degan budget kamu.

Selain itu terdapat juga tabungan emas pegadaian yang bisa kamu ikuti dan jika jumlahnya sudah terpenuhi maka kamu akan mendapatkan emas batangan sesuai dengan jumlah tabungan kamu.

Jika teman-teman ingin membeli emas, jangan ragu untuk membelinya di lelang pegadaian karena bisa di bilang harganya lebih murah.

Namun kamu wajib banget untuk mengetahui informasi kapan lelang tersebut berlangsung jangan sampai kamu terlewatkan jadwalnya

Sekian dulu informasi jalan seru kali ini dengan judul Cara Beli Emas Di Lelang Pegadaian

Belum ada Komentar untuk "Cara Beli Emas Di Lelang Pegadaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel