Menikmati Indahnya Taman Nasional Bunaken Dari Dekat

Menikmati Dari Dekat Indahnya Taman Nasional Bunaken - Di tunjuk pada tahun 1991 menjadi Taman Nasional. Objek wisata yang satu ini memiliki luas sekitar 89.065 hektare. Taman Nasional Bunaken berada di Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado, Sulawesi Utara.

deskripsi taman nasional bunaken, logo taman nasional bunaken, keindahan taman laut bunaken


Jika kamu ke Bunaken kamu akan melihat di sebelah utara taman nasional terdapat pulau Bunaken, Manado Tua, Montahage, Silanden. Namun pada bagian selatan terdapat pesisir Tanjung Kelapa.

Di sini terdapat ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, Padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan dan pesisir. 

Baca Juga Sebelum Ke Puncak Bogor. Kamu Wajib Tahu Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak

Sedikit deskripsi taman nasional Bunaken

Pulau-pulau yang terdapat di dalamnya sangat kaya akan flora dan fauna dan juga perairan dan perairan Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera karang hidup yang didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang.

Menikmati Indahnya Taman Nasional Bunaken Dari Dekat


Saat ini tercatat sekitar 91 jenis ikan yang hidup dan berkembang biak di perairan ini. Ikan-ikan tersebut di antaranya ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa, dan ilagasi.

Secara geografis, pulau Bunaken  termasuk ke dalam wilayah perairan "Segi Tiga Emas". karena di sini terdapat lebih dari 3000-an spesies ikan berada di bunaken. Wilayah "Segi Tiga Emas" adalah jalur perairan laut yang menghubungkan  laut Filipina, laut Papua dan Laut Indonesia.

Pemerintah kota manado memiliki gagasan untuk menjadikan Bunaken sebagai obyek wisata bahari dan wisata edukasi. Pemerintah setempat melihat banyak sekali aktivitas konservasi alam laut di wilayah ini.

Oleh karena itu kawasan pulau Bunaken pada tahun 1991, Mentri Kelautan meresmikan wilayah ini menjadi Taman Laut Nasional Bunaken.

Obyek Wisata di Bunaken

Jika kamu datang ke sini untuk berwisata. Kamu bisa melakukan banyak sekali kegiatan wisata bahari seperti menyelam / diving, snorkling, menikmati sinar matahari dengan berjemur dan berenang di laut dan kamu juga bisa menikmati keindahan taman laut Bunaken.

Menikmati Indahnya Taman Nasional Bunaken Dari Dekat


Jika kamu ke pantai Kalase, yang tepatnya berada di pinggir Kota Manado, terdapat sebuah diving center bernama Dragonet. Dragonet dulu pernah memecahkan rekor MURI dengan mangadakan sebuah acara terbesar di indonesia yang mengajak sebanyak 2000 diving untuk melakukan upacara bendera di bawah laut.

Di sini kamu bisa belajar diving karena di sini terdapat instruktur selam yang memiliki setifikat SDI (Scuba Diving Internasional) yaitu bapak Ferry. Dragonet sendiri menawarkan pejalaran menyelang bagi pemula yang meliputi dasar-dasar menyelam. selama 15 menit, dan setelahnya akan di ajak menyelam selama 45 menit di kedalaman 6 meter.

Selain itu Bunaken yang cukup luas. Di sekelilingnya terdapat taman laut yang memiliki Biodiversitas laut tertinggi di dunia dan ini yang membuat keistimewaan taman laut Bunaken. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang datang dan berkunjung untuk melakukan aktivitas menyelam di kawasan Bunaken. Meski luas namun lokasi yang di jadikan tempat menyelam sangatlah terbatas.

Di Bunaken terdapat lebih dari 40 lokasi menyelam, dan masing-masing tempat memiliki enakaragam trumbu karang dan aneka jenis ikan yang berbeda-beda namun sangat indah. 

Jika kamu melakukan penyelaman di wilayah Bunaken kamu akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dari sekitar 58 jenis ikan dan terumbu karang.

Baca Juga Cara Pesan Taxi Online Grab Car Di Area Bandara Soekarno-Hatta

Akses ke Bunaken

Untuk mencapai Taman Nasional Bunaken. Kamu bisa menggunakan transportasi yang sudah tersedia yaitu perahu motor dari pantai Teluk Manado.

Harga Tiket

Jika kamu memiliki rencana untuk ke Taman Nasional Bunaken kamu akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000 perhari dan Rp 150.000 pertahun untuk wisatawan asing yang datang untuk melihat keindahan pantai di Taman Nasional Bunaken.

Fasilitas dan Akomodasi

Untuk tempat menginap kamu jangan khawatir karena di Bunaken sudah tersedia berbagai pilihan hotel yang dekat dengan Taman Nasional Bunaken. 

Jadi jangan khawatir lagi mengenai tempat tinggal. Selain itu di sini juga terdapat beberapa tempat yang menyewakan peralatan selam beserta instruktur yang sudah berpengalaman.

Sekian dulu informasi mengenai Menikmati Indahnya Taman Nasional Bunaken Dari Dekat. Terimakasih sudah membaca artikel saya kali ini.

2 Komentar untuk "Menikmati Indahnya Taman Nasional Bunaken Dari Dekat"

  1. wahhh nambah informasi nih Bahasa bunaken masuk wilayah segitiga emas. emang kalo dilihat dari segi fauna dan kenaikan satwanya, cocok lah kalau dibilang surgawi Indonesia

    BalasHapus
  2. Sungguh menarik sekali kak.


    Sangat terpesona dahulu pas nonton TV pas acara 17 agustusan yang upacara bendera di bawah laut.

    eh pada pos ini kamu malah bahas lagi. jadi inget kemabli hahahaa..

    Alam Indonesia memang sungguh indah ya

    Salam Jalan - Jalan
    Mukhofas Al Fikri

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel