12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian - Travelling dan melakukan wisata bersama teman atau keluarga memang sangat menyenangkan. Namun bagaimana jika kamu melakukan travelling sendirian hanya berteman kan peta dan tas ransel kamu saja.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian

Pasti menyenangkan bisa melakukan perjalanan wisata sendirian karena banyak hal yang bisa kamu lakukan selama kamu melakukan travelling sendirian tanpa harus bergantung dengan orang lain atau di atur oleh orang lain.

Untuk kamu yang sangat menyukai tantangan hal ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata sendirian.

Jalan seru kali ini akan memberikan sedikit tips yang berguna bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata sendirian

Baca Juga Ingin Jalan-Jalan Murah Keliling Indonesia. Yuk Simak 12 Tips Berikut

Tips travelling sendirian

Tips berikut ini merupakan tips agar kamu tetap aman selama kamu melakukan travelling sendirian di kota atau negara lain. Berikut tipsnya.

Lakukan riset

Kamu wajib untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang semua hal seperti, harga tiket ke tempat tujuan, akomodasi hotel, tarif dan jam operasional transportasi umum yang ada di tempat tujuan kamu, termasuk juga harga tiket masuk tempat wisata yang ada di sana dan keamanannya,

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian

Karena sekarang jamannya udah canggih kamu bisa melihat semua review semua tempat wisata yang ada hanya dengan menggunakan fasilitas Internet. Disarankan juga untuk melakukan riset dan bertanya ke forum yang sesuai dengan tujuan kamu misalkan forum atau grub backpaker.

Atau jika kamu ingin melakukan perjalanan dan ada teman yang sudah melakukan wisata traveling ke tempat tujuan kamu. Maka kamu jangan ragu lagi untuk melontarkan pertanyaan mengenai semua hal yang ada di sana.

Buatlah anggaran perjalanan

Buatlah anggaran perjalanan kamu sedetail mungkin, karena di sana kamu sendirian dan pasti jika kamu kehabisan uang .Kamu tidak ada yang akan memberikan uang ke kamu apalagi jika kamu travelling ke luar negeri.

Kamu pasti tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan! Oleh karena itu kamu wajib untuk membuat anggaran perjalanan serta mencari tau berapa harga tiket ke tempat yang ingin kamu tuju serta kamu wajib untuk menghitung uang makan kamu selama kamu melakukan perjalanan.

Buat rencana perjalanan

Kamu juga disarankan untuk membuat rencana perjalanan selama kamu melakukan wisata sendirian ke kota atau negara lain. Rencana perjalanan ini bisa kamu gunakan agar kamu bisa menikmati semua tempat wisata yang ada di sana tanpa perlu takut kamu tidak memiliki waktu lagi.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Namun yang namanya rencana itu tidak wajib untuk kamu ikut. Jika kamu di tengah-tengah memiliki rencana lain kamu bisa mengikuti rencana kamu toh sekarang kamu sedang melakukan perjalanan wisata sendirian.

Jadi tidak ada masalah jika kamu merubah rencana awal kamu selama kamu melakukan traveling sendirian.

Belajar cara paking

Jika kamu ingin di akui sebagai seorang backpaker maka hal yang wajib kamu pelajari adalah cara melakukan paking saringan dan se efisien mungkin karena tidak akan ada yang akan membawa barang-barang kamu.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Saat travelling sendirian, mau tidak mau kamu mesti membawa semua barang-barang kamu sendirian, terutama saat menuju tempat tujuan kamu. Memperaktekkan cara membawa ala backpaker ini memang susah susah gampang karena kita pasti akan merasa tergoda untuk membawa barang yang tidak kita perlukan.

Meringankan beban bawaan kamu nantinya akan memudahkan kamu untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Namun jangan lupa untuk memperkirakan jumlah bawaan kamu dengan jangka waktu kamu melakukan perjalanan. Membawa beban yang ringan juga membuat mu tidak nampak seperti turis yang mudah menjadi target penipuan

Baca Juga Jangan Ketinggalan. 11 Barang Yang Wajib Di Bawa Saat Traveling

Numpang di tempat orang

Untuk menghemat anggaran menginap, kamu bisa menginap di tempat sodara atau teman kamu yang ada di kota atau negara tempat tujuan kamu. Kamu juga bisa menggunakan forum atau grub travelling untuk menemukan traveler yang menyediakan rumahnya sebagai tempat tinggal kamu sementara.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Ada beberapa forum atau grub yang bisa kamu gunakan untuk menemukan traveler lain yang menyediakan rumahnya sebagai tempat menginap namun demi keamanan kamu bisa melihat testimoni dari orang-orang yang pernah menginap di sana.

Cari hotel mudah namun tidak murahan

Jika kamu tidak ingin menginap di rumah orang lain. Kamu juga bisa menggunakan hotel atau hostel yang murah agar anggaran perjalanan kamu tidak semakin membengkak. Kamu bisa mencari hotel murah dengan mencarinya terlebih dulu sebelum kamu melakukan perjalanan.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Pastikan hotel sebagai tempat menginap kamu dekat dengan tempat  wisata atau paling tidak memiliki akses yang mudah untuk kemana saja seperti dekat dengan stasiun atau dekat dengan tempat beli makan.

Dan jangan lupa untuk melihat review hotel dan hostel yang ingin kamu gunakan pastikan jika faktor keamanan dan kenyamanan merupakan hal yang paling penting saat kamu melakukan traveling sendirian.

Belajar membaca peta

Kamu juga harus pandai membaca peta agar kamu tidak canggung saat kamu ingin menemukan tempat tujuan kamu. Buatlah sebuah peta kecil atau catatan kecil yang mudah kamu bawa dan kamu ambil jika kamu membutuhkannya.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Bersikaplah seperti warga lokal yang sudah mengenal wilayah sekitar kamu dan hindari membuka peta yang lebar atau buku tebal yang sudah kamu siapkan di tas kamu.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi smartphone yang sudah canggih sehingga kamu bisa jadikan sebagai petunjuk arah

Simpan uang di tempat aman

Selama melakukan perjalanan, simpan yang tunai dan kartu debit dan kredit di tempat yang berbeda-beda. Misalkan di sembunyikan di kantong, tas, dompet, kaos kaki, sepatu tempat lain yang tersembunyi.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian

Tinggalkan juga uang tunai yang bisa kamu gunakan di tempat tersembunyi seperti di dalam koper kamu. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi kecopetan sehingga kamu masih memiliki uang cadangan yang masih ada

Simpan dokumen penting dalam softcopy dan hardcopy

Penting juga untuk membuat softcopy dan hardcopy dari surat-surat penting, seperti paspor, ktp dan tanda pengenal lainnya. Simpan lah sebagian hardcopy yang kamu miliki di dalam tas yang aman lalu kamu simpan juga softcopy nya ke cloud agar lebih mudah untuk di akses dan di temukan jika kamu mendapatkan musibah saat kamu berlibur.

Catat setiap nomor penting

Sangat penting untuk mencatat nomor-nomor telp penting kota yang kamu kunjungi, terutama tempat kamu menginap di sana, polisi dan rumah sakit. Dan jangan cuma di catat di hp saja, catat juga di secarik kertas. Catat juga nomor telp orang terdekat lalu simpan di dompet atau koper kamu.

Nomor penting ini bisa sangat berguna bagi kamu jika terjadi sesuatu pada kamu di sana sehingga kamu atau orang yang menemukan kamu dapat menghubungi tempat tinggal atau orang terdekat kamu.

Baca Juga 10 Cara Untuk Menghilangkan Bete Selama Di Pesawat

Pamer di sosmed

Pamer di sosial media ini bukan untuk pamer namun bertujuan untuk memberitahukan lokasi tempat kamu berada ke orang-orang terdekat dengan kamu. Saat ini sosial media sudah memiliki fasilitas untuk melakukan sharing lokasi untuk memberitahukan lokasi tempat kamu berada.

12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian


Updatelah setatus kamu dengan disertakan lokasi tempat kamu melakukan update status atau berfoto selfi. dengan begini orang-orang yang menyayangi kamu dan menunggu kamu di rumah akan selalu tahu kamu berada di mana.

Abadikan momen kamu

Abadikan setiap momen liburan kamu karena liburan kamu belum tentu akan terulang untuk kedua kalinya. Jangan selalu abadikan pemandangan saja namun kamu juga harus berselfi untuk bisa kamu update ke media sosial milik kamu.

Dengan mengabadikan foto kamu. Kamu bisa mencetak fotonya dan bisa kamu pajang di rumah untuk menjadi kenang-kenangan kamu karena kamu telah melakukan perjalanan bersejarah sepanjang hidup kamu.

Sekian dulu ya tips kali ini dengan judul 12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian. Semoga membantu yaaaaaaa........

Belum ada Komentar untuk "12 Tips Travelling Untuk Kamu Yang Ingin Coba Jalan-Jalan Sendirian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel