Pengalaman Mengurus Paspor Hilang Rusak Di BAP Imigrasi Tangerang Kota

Kadang bencana datang tiba-tiba dan kita tidak mengetahui kapan tepatnya. Seperti bencana banjir yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 yang hampir menenggelamkan kota jakarta yang menyebabkan banyak rumah di jakarta kebanjiran.



Pengalaman Mengurus Paspor Rusak Di BAP Imigrasi Tangerang Kota -  Rumah saya kebetulan pada tanggal 1 Januari itu juga terkena dampak banjir yang cukup tinggi.

Tidak tanggung-tanggung banjir yang menenggelamkan rumah saya memiliki tinggi hampir sampai atap rumah saya.

Alhasil semua barang saya yang saat itu tidak sempat saya naikkan karena tiba-tiba air sudah masuk ke dalam rumah tidak sempat saya selamatkan.

Termasuk juga paspor saya dan keluarga saya yang saat itu sudah saya naikkan ke atas lemari tiba-tiba saja terjatuh bersama lemari karena arus air yang cukup kencang.

Saat itu saya kembali ke rumah saya setelah 2 hari saya tinggal karena banjir dan kondisi lemari tempat menyimpan dokumen itu sudah terbaik dan jatuh

Termasuk di atasnya adalah dokumen penting saya seperti paspor dan yang lain terendam dan basah hingga foto di dalam paspor saya berubah warna.

Alhasil panik karena kita memang ada rencana untuk melakukan perjalanan keluar negeri dalam beberapa bulan ke depan.

Karena bingung harus bagaimana saya langsung mencari tau bagaimana proses penggatian paspor rusak karena terendam banjir.

Eh akhirnya ketemu caranya dan untuk itu jalan seru akan memberikan pengalaman pribadi kami saat mengurus paspor rusak di BAP Imigrasi Tangerang KOTA.

Baca Juga 10 Tips Nabung Cepat Biar Kamu Bisa Liburan Ke Luar Negeri Ala JalanSeru

Siapkan Surat Keterangan dari kelurahan

Yang kamu harus persiapkan adalah surat dari kelurahan yang menerangkan memang benar jika rumah kamu itu terendam banjir.

Untuk membuat surat keterangan dari kelurahan yang harus kamu persiapkan adalah
  • Foto Kopi e-KTP si pemengang paspor. 
  • Foto Kopi Kartu Keluarga
  • Foto Kopi Akte lahir anak
  • Dokumen pendukung lain seperti foto kopi ijazah atau foto kopi buku nikah
Misalkan dari pengalaman saya misalkan paspor keluarga kamu rusak yang kamu di sarankan untuk membuat masing-masing 1 surat keterangan.

Hal ini untuk berjaga-jaga takutnya masing-masing nama di mintakan surat keterangan dari kelurahan dari pihak BAP imigrasi.

Setelah semua lengkap kamu sebaiknya langsung mempersiapkan beberapa dokumen yang nantinya harus kamu bawa untuk persyaratan buat paspor baru.

Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan seperti
  • Surat keterangan dari polisi (Jika hilang)
  • Surat keterangan dari kelurahan (Jika rusak banjir)
  • Paspor lama (Jika ada)
  • Fotokopi e-KTP dibuat seukuran A4
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Aktelahir
  • Fotokopi Ijazah

Untuk anak sebaiknya bawa
  • Fotokopi e-KTP kedua orang tua dibuat seukuran A4
  • Fotokopi Kartu keluarga
  • Fotokopi Buku nikah
  • Fotokopi Aktekelahiran

Jangan lupa untuk membawa dokumen aslinya karena takutnya nanti di tanyakan aslinya. Jika aslinya hilang karena banjir masih bisa mengurus dengan menggunakan fotokopinya saja.

Datang ke Imigrasi

Setelah saya sudah memiliki beberapa hal di atas saya langsung menuju ke imigrasi hari berikutnya atau besoknya.

Nah untuk kebagian BAP Imigrasi hanya mempersilahkan 5 orang untuk paspor rusak dan 5 orang untuk paspor hilang.

Sehingga kamu harus datang pagi-pagi agar kita bisa dapat di antrian nomor pertama. Kebetulan saat itu saya dan keluarga saya sampai di kantor Imigrasi Tangerang Kota jam 6 pagi dan itu sudah ada satu orang yang menunggu di sana untuk mengurus paspornya yang hilang.

Pihak imigrasi tidak menyediakan tempat khusus untuk kita yang ingin mengurus paspor hilang atau rusak.

Mereka hanya menyediakan tempat di depan tempat foto kopi sebelah toilet. Kita cukup menunggu di sini sampai petugas datang menayakan.

Ambil antrian

Karena tidak ada nomor antrian, banyak orang yang mengaku datang duluan jadi saran saya kamu sebaiknya membuat nomor antrian kamu sendiri sampai petugas datang.

Pastinya akan ada orang yang langsung menyelak. Dan kita pun jangan takut untuk menegur orang itu karena kamu tidak kita sekeluarga tidak akan mendapatkan nomor antrian masuk ke BAP.

Atau kamu cukup duduk di tempat garis kuning yang ada di sebelah taman dan toilet sampai petugas datang.

Datanglah paling pertama sehingga kamu bisa mendapatkan nomor antrian karena di pihak BAP hanya menerima 5 orang saja.

Baca JugaTravelling!!! Baca Dulu 6 Tips Memilih Restoran Halal Ala Jalan Seru

Di BAP

Setelah kamu masuk ke dalam kantor BAP imigrasi tangerang, kamu nantinya akan di tanya mengenai kenapa paspor kamu bisa rusak atau hilang.

Kamu cukup jelaskan sedetail dan semasuk akal mungkin sehingga pihak imigrasi menganggap kamu sudah berusaha untuk menyelamatkan dokumen kamu namun kehendak tuhan berkata lain.

Seperti saya yang sudah berusaha menyelamatkan dokumen dengan cara menaruhnya di save deposit box dan di taruh di atas lemari namun lemari saya jatuh sehingga mencelupkan semua dokumen saya ke dalam air.

Denda paspor hilang dan rusak

Ternyata ada denda yang harus kita bayar jika paspor kita rusak atau hilang dan denda tersebut adalah sejumlah Rp 1.000.000 untuk paspor hilang dan Rp 500.000 untuk paspor rusak.

Namun saat saya ingin mengganti paspor saya yang rusak karena banjir pihak imigrasi tidak mengenakan denda dan proses jauh lebih mudah.

Mungkin karena dalam Permenkumham Nomor 8 Tahun 2014 Pasal 41 ayat 2 huruf (a) diterangkan, kehilangan atau kerusakan bisa dibebaskan dari denda apabila diakibatkan oleh musibah, seperti kebakaran, kebanjiran, gempa bumi, atau tsunami.

Dan juga surat edaran dari Ditjen Imigrasi yang menerangkan jika paspor hilang dan rusak karena banjir bebas dari biaya denda. Sumber.

Jadi alhamdulillah saya dan keluarga hanya di kenakan Rp 350.000 saja dan uang itu digunakan untuk proses penggatian paspor kita yang rusak.

Baca Juga7 Tips Memilih Hotel Untuk Kamu Yang Ingin Berlibur

Proses penggantian paspor

Setelah kita mengurus semua proses di BAP, di hari selanjutnya saya datang kembali untuk melakukan proses verfikasi dokumen asli dan foto untuk paspor.

Semua pemegang paspor wajib datang ya untuk proses foto ini karena nanti kita akan di foto satu persatu.

Setelah proses foto kamu diharuskan untuk melakukan proses pembayaran paspor yang bisa kamu bayar di beberapa bank yang sudah bekerja sama untuk proses pembayaran paspor.

Setelah melakukan proses pembayaran kamu tinggal menunggu proses pengambilan paspor yaitu selama 7x24 jam pas hari kerja.

Di atas merupakan proses penggantian paspor rusak karena banjir yang saya alami. Untuk proses tidak terlalu ribet mungkin karena ada surat edaran itu sehingga prosesnya cepat.

Jadi untuk kamu yang ingin mencoba untuk mengganti paspor kamu yang rusak lebih baik sekarang. Alasannya karena surat edaran ini hanya berlaku selama 1 bulan saja di bulan januari.

Sekian dulu sharing pengalaman saya mengenai proses penggantian paspor rusak di BAP imigrasi kota tangerang


0 Response to "Pengalaman Mengurus Paspor Hilang Rusak Di BAP Imigrasi Tangerang Kota"

Posting Komentar

Ads

ads

ads

ads