Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura

Sebagai seorang muslim, mengonsumsi makanan halal merupakan suatu kewajiban, karena makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. 

Jika Anda sedang berada di Singapura, dan ingin menyantap camilan halal singapura khas India, camilan populer ini bisa menjadi pilihan.

1. Gulab Jamun

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura


Menurut bahasa Hindi, gulab berarti mawar, sedangkan jamun bermakna buah plum. 

Gulab jamun merupakan camilan khas India yang biasa dikonsumsi sebagai hidangan penutup, serta disajikan juga dalam perayaan hari besar.

Hidangan ini berbentuk seperti bola yang digoreng, serta dimasukkan ke dalam air gula, kurang lebih satu jam, sebelum disajikan. 

Gulab jamun merupakan salah satu makanan halal populer dari India. Karena bahan yang digunakan dalam hidangan ini adalah susu bubuk, susu cair, tepung terigu, mentega, dan minyak goreng. Sedangkan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sirup atau cairan manis adalah, gula pasir, air dan kapulaga.

2. Jalebi

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura

Jalebi merupakan salah satu manisan India yang disajikan dalam perayaan maupun festival, seperti jenis makanannya, rasa camilan ini manis. 

Hidangan penutup ini memiliki tekstur kenyal, yang dapat disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Makanan halal ini, bahan-bahannya terdiri dari, tepung terigu, ragi, gula, minyak sayur, air hangat, serta minyak untuk menggoreng. Sementara, bahan air gula atau sirupnya yaitu gula pasir serta air. 

Hampir mirip seperti gulab jamun, sebelum disajikan, jalebi yang telah digoreng akan dimasukkan ke rebusan air gula sampai merata. 

Bentuk dari jalebi yaitu lingkaran yang memiliki lubang-lubang kecil, hampir sama seperti bentuk kerupuk. 

Baca Juga 

70+ Tempat Makan Halal Yang Enak Banget Di Singapura


3. Paratha

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura

Roti paratha merupakan camilan khas India yang cukup populer di Singapura, karena banyak pendatang India ke negeri Merlion itu. 

Makanan halal khas India ini cukup digemari, memiliki bentuk yang rata, lembut, kenyal, dan tidak terlalu berminyak.  

Bahan yang digunakan untuk membuat paratha, hampir sama dengan roti pada umumnya, jadi adonan roti harus kalis. 

Bahan-bahannya adalah terigu, gula, garam, susu cair, serta mentega, sedangkan alat yang diperlukan untuk meratakan adonan yaitu kayu roll.  

Biasanya, roti paratha plain hanya dimakan dengan bawang bombay atau telur. Bisa juga dinikmati dengan saus kari maupun taburan gula, paratha dapat ditemukan dengan beraneka bentuk dan ukuran di Singapura.

Contohnya, tissue paratha yang bertekstur super tipis dan rasanya manis, ada juga paratha rasa keju, bahkan es krim paratha. 

4. Pakora

 Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura


Camilan India memiliki kesamaan dengan gorengan, karena itu camilan ini termasuk makanan halal yang bisa Anda konsumsi. 

Biasanya, bahan-bahan yang digunakan sebagai campuran adonan tepung adalah kol, bawang bombay, daun ketumbar, tomat, paprika hijau, serta wortel. 

Anda juga bisa menggunakan terong, kentang, bayam, pisang raja maupun paneer dalam membuat pakora. Sementara, bahan bumbu yang diperlukan adalah ketumbar bubuk, lada hitam atau lada putih, serta garam. 

Seperti gorengan pada umumnya, setelah adonan tepung tercampur merata dengan bahan bumbu, pakora digoreng lalu sajikan ketika warnanya kekuningan.

Sebenarnya, tidak ada resep standar dalam membuat pakora, karena bumbu yang dipakai tergantung dari juru masak. Bahkan, bumbu tersebut dapat disesuaikan dengan tradisi atau ketersediaan rempah-rempat setempat. 


5. Laddu

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura

Camilan yang berbentuk bulat seperti bola ini, merupakan hidangan yang sangat populer di India. Beberapa jenis laddu yaitu laddu boondi, laddu besan, laddu kelapa, laddu rava, serta laddu oatmeal.

Laddu memiliki cita rasa yang manis, karena terbuat dari tepung kacang hijau, tepung gandum, tepung kacang mede. Serta, bahan lainnya dalam makanan halal ini adalah bubuk almond, susu bubuk putih, madu, margarin, vanilli dan kapulaga.

Cara membuatnya, tiga aneka tepung disangrai terlebih dahulu, sampai berwarna cokelat keemasan, lalu sisihkan. Setelah itu, margarin dilelehkan lalu dituangkan ke seluruh bahan, dan aduk secara merata. Adonan diamkan sebentar, setelah itu bentuk adonan menjadi bulat sesuai selera. 

Baca Juga 

Serunya 10 Tempat Liburan di Pulau Sentosa Singapura


6. Chapati

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura


Chapati merupakan roti tidak beragi dan bertekstur pipih yang berasal dari Subbenua India. Hidangan ini menjadi makanan pokok umum pada wilayah Asia Selatan, serta para ekspatriat maupun imigran Asia Selatan.

Camilan satu ini merupakan hidangan roti yang terbuat dari tepung gandum, bisa disajikan bersama kari, atau langsung dimakan. Bahan yang diperlukan untuk membuat chapati adalah tepung terigu, garam, air hangat, margarin cair.

Seperti adonan roti pada umumnya, adonan harus kalis sebelum dipanggang. Ketika dipanggang di teflon, adonan dibentuk secara pipih, lalu pinggiran roti ditekan dengan kain bersih, agar terbentuk gelembung-gelembung kecil. 


7. Dhokla

 

Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura

Sebenarnya, dhokla berasal dari adonan fermentasi beras maupun urad dal yang dibelah, kuliner ini terlihat mirip dengan khaman. Tetapi, bahan untuk membuat khaman adalah kacang arab gram dan memiliki warna kuning.

Dhokla biasa dikonsumsi untuk sarapan, hidangan utama, camilan, maupun lauk. Beberapa macam dhokla yang populer yaitu, khatta dhokla, moong dal dhokla, khandavi dhokla, dhokla keju, dan toor dal dhokla.

Salah satu camilan khas India populer adalah dhokla, kuliner ini merupakan hidangan vegetarian, Anda bisa membuatnya dengan tepung kasar. Serta, yoghurt asam, pasta jahe, pasta cabai hijau, gula, kunyit bubuk, jeruk nipis atau lemon, soda kue, serta garam. 

Camilan ini juga memerlukan canola, biji mustard hitam, biji wijen, daun kari, cabai hijau, serta air hangat. Sementara, bahan hiasannya adalah daun ketumbar segar yang dicincang.

Jadi, camilan India yang telah dibahas merupakan makanan halal yang bisa Anda konsumsi, ketika mencari kuliner di Singapura. Camilan khas India yang telah dibahas tersebut, ada yang menjadi makanan pokok atau hidangan penutup.

Belum ada Komentar untuk "Unik! 7 Camilan Khas India Ini Cocok untuk Pencari Makanan Halal di Singapura "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel