7 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Agar Tetap Aman Dan Hati Tentram

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Agar Tetap Aman Dan Hati Tentram - Kamu dan keluarga berencana untuk meninggalkan rumah untuk pulang kampung mudik lebaran.



Saat mudik ke kampung halaman ketika lebaran, tentu saja kamu harus tetap waspada ketika kamu meninggalkan rumah agar tidak ada tindak kejahatan yang tidak diduga.

Untuk mencegah terjadi pencurian hingga perampokan di rumah ketika kamu meninggalkan rumah saat kamu mudik lebaran ke kampung halaman.

Jalan seru akan memberikan tips aman meninggalkan rumah ketika kamu pulang kampung mudik lebaran.

Baca Juga 20 Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman

Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat

Sebelum kamu berencana mudik lebaran dan meninggalkan rumah pastikan kamu untuk mengunci pintu dan jendela merupakan satu hal yang sangat penting.

Hal ini karena jendela dan pintu rumah merupakan jalan utama masuknya para pencuri. Selain itu jangan meninggalkan kunci di bawah pot atau keset, atau tempat yang mudah sekali ditemukan oleh para pencuri.

Simpan barang berharga

Bila kamu berencana pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang sangat lama, sebaiknya kamu menyimpan semua barang-barang berharga seperti perhiasan, surat-surat peting dan uang.

Simpanlah semua barang-barang berharga di tempat yang memiliki kunci, seperti dalam laci kecil di dalam lemari atau sefety box yang kamu punya.

Kemudian bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya lagi.

Matikan listrik dan GAS

Selain menutup dan mengunci dengan rapat pintu dan jendela rumah, kamu juga perlu memastikan untuk mematikan listrik dan juga gas sebelum kamu pergi mudik.

Hal ini karena korsleting listrik seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah-rumah.

Cabut semua colokan yang masih terpasang di stop kontak serta cabut juga selang gas yang masih terpasang untuk menghindari kebakaran.

Jangan terlihat kosong

Rumah yang terlihat kosong dapat menarik perhatian para pencuri, sehingga kamu perlu melakukan sesuatu agar dapat mengelabui para pencuri yang mengincar rumah kamu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memasang lampu yang bisa kamu atur kapan waktu harus menyala dan mati.

Sehingga bisa menyala secara otomatis saat malam dan mati dengan otomatis saat pagi tiba. Selain itu kamu bisa menaruh sandal atau sepatu kamu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam rumah.

Lapor RT dan petugas keamanan

Bila kamu akan meninggalkan rumah saat mudik lebaran dalam waktu yang lama, pastikan kamu untuk memberi tahu kepada satpam di komplek tempat kamu tinggal.

Dengan begitu, satpam akan membantu kamu dengan lebih mengawasi rumah kamu setiap harinya selama kamu mudik.

Selain itu kamu juga wajib untuk lapor ke pada RT setempat jika rumah kamu kosong, jadi saat terjadi sesuatu dengan rumah kamu bisa di tindak lanjuti.

Baca Juga 10 Cara Untuk Menghilangkan Bete Selama Di Pesawat

Pasang Alarm tambahan

Agar rumah kamu tetap aman, sebaiknya kamu juga memasang keamanan ekstra dengan memasang alarm tambahan.

Kamu juga bisa memakai gambok beralarm utuk pagar rumah hingga saat ada yang mencoba memaksa masuk alarm akan nyaring berbunyi.

Gunakan CCTV

Kamu bisa menggunakan CCTV di setiap sudut rumah kamu agar kamu dapat melihat keadaan rumah selama kamu meninggalkannya pulang mudik lebaran.

Sekarang ini sudah banyak cctv yang sudah terintegrasi dengan internet sehingga kamu bisa langsung melihatnya langsung di handphone kamu.

Salah satu contohnya adalah Xiaomi Xiaofang 1s Smart CCTV IP Camera 1080p

1 Response to "7 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Agar Tetap Aman Dan Hati Tentram"

  1. Emang kalau lagi mudik, rumah yabg ditinggal kosong rentan banget ya....

    Beda lagi kalau di desa kayak saya, masih aman terkendali.

    BalasHapus

Ads

ads

ads

ads