20 Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi - Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, beberapa keluarga juga telah mempersiapkan perlengkapan untuk di bawa saat mudik lebaran.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman

Banyak di antara kita para perantau yang memilih pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Alasannya karena dengan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi kita bisa menghemat biaya. Serta lebih nyaman pulang kampung dengan mobil karena kita biasa untuk mudik lebaran bersama keluarga besar dan juga balita.

Namun untuk pulang kampung dengan menggunakan kendaraan pribadi memerlukan banyak persiapan, alasannya agar mudik lebaran kampung bisa nyaman dan lancar.

Kamu juga harus menomor satukan kondisi kendaraan kamu agar tidak terjadi hal tidak di ingin kan di jalan.

Agar mudik lebaran kamu bisa berjalan aman dan nyaman. Jalan seru akan memberikan sedikit tips mudik lebaran dengan mobil yang bisa kamu ikuti berikut ini.

Baca Juga PENTING! 9 Tips Mudik Lebaran Naik Kereta Agar Tetap Aman Dan Nyaman

Ganti selalu oli mesin dan oli rem

Selalu ganti oli mesin dan oli rem kamu secara berkala. Ganti oli rem lama kamu dengan oli rem baru agar sistem pengereman kendaraan kamu bisa berjalan dengan baik. Penggantian oli rem ini sangat di perlukan apalagi jika kamu merasa terjadi kebocoran pada oli rem kendaraan kamu.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman


Oli mesin wajib untuk kamu ganti agar mesin mobil kamu tetap dingin dan dapat bekerja dengan baik selama kamu mudik lebaran.

Cek Busi mobil

Pengecekan busi mobil kamu secara berkala, harap melakukan penggantian setiap 1 tahun sekali. Agar pembakaran bahan bakar mobil kamu bekerja secara optimal.

Dengan melakukan hal ini secara rutin. saat menyalakan mobil kamu terasa sangat ringan dan lebih mudah.

Jika busi pada mobil kamu rusak dan kotor, maka pembakaran pada bahan bakar mobil tidak akan optimal dan dapat menyebabkan mobil kamu berjalan dengan tersendat.

Priksa AC mobil

Selalu periksa kondisi freon AC pada tabung yang ada di mobil kamu. dan tak lupa juga untuk selalu membersihkan saringan udara AC karena sering kotor. Jika saringan udara AC kamu kotor, maka AC kendaraan kamu tidak bisa dingin.

Saringan AC yang sering kotor biasanya dapat di sebabkan oleh asap rokok dan debu. Bersihkan saringan AC secara berkala agar AC mobil kamu dapat bekerja secara optimal dan kamu dapat nyaman untuk mudik lebaran.

Priksa timing belt

Selalu periksa timing belt pada mesin, Apakan masih bagus atau sudah aus. Fungsi dari timing belt adalah untuk memutar camshaft atau biasa kita sebut dengan niken AS yang memiliki peran untuk membuka dan menutup valve atau klep pada ruang pembakaran.

Periksa tekanan ban mobil

Selalu cek tekanan angin pada ban mobil dan kaki-kaki mobil agar mobil kamu bisa berjalan lebih stabil.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman


Priksa juga kondisi ban cadangan kendaraan dan peralatan pendukung untuk di bawa. sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir jika terjadi kebocoran pada ban.

Cek filter fuel

Bersihkan filter fuel agar bahan bakar kamu tidak kotor. Hal ini dapat mengakibatkan mobil kamu berjalan tersendat.

Baca Juga Travelling!!! Baca Dulu 6 Tips Memilih Restoran Halal Ala Jalan Seru

Cek wiper

Coba kamu cek wiper mobil kamu, apakah karet yang ada di wiper masih bagus atau sudah jelek. Jika sudah jelek maka segeralah ganti wiper mobil kamu agar saat terjadi hujan tidak ada kebocoran atau bunyi decit pada saat wiper mobil kamu nyalakan.

Persiapkan obat-obatan

Tips mudik lebaran dengan mobil selanjutnya masuk pada bagian penting yaitu selalu bawa obat-obatan yang kamu butuhkan selama perjalanan.

Perjalanan pulang kampung dapat memerlukan waktu yang sangat lama. Sehingga kamu perlu mempersiapkan segalanya.

Salah satu yang terpenting adalah persiapkan obat-obatan yang kamu dan keluarga kamu butuhkan karena saat perjalanan apalagi di malam hari kita akan kesulitan untuk menemukan toko yang menyediakan perlengkapan pengobatan kamu.

Bawa makanan dan minuman yang cukup

Membawa makanan dan minuman saat mudik lebaran dapat menghemat biaya selama perjalanan kamu pulang kampung. selain itu membawa makanan saat mudik lebaran adalah terhindar dari rasa lapar saat kamu berkendara di jalanan sepi yang tidak ada tempat jual makanan.


Persiapkan budget keuangan

Yang paling terpenting dari perjalanan pulang kampung adalah budget atau masalah keuangan. Karena kita perlu mengatur total pengeluaran selama berangkat dan pulang mudik dari kampung halaman.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman


Contohnya pengeluaran untuk BBM, makanan, serta oleh-oleh untuk keluarga yang berada di kampung halaman.

Agar pengeluaran kamu tidak membengkak. maka dari itu kita harus merencanakan pengeluaran kita selama kita mudik lebaran.

Perlengkapan anak

Saat perjalanan jauh bersama anak, jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan untuk membuat buah hati kita merasa nyaman.

Perlengkapan anak seperti tissue, botol minum, tempat makan, mainan favorit anak, buku bacaan, crayon, dan lain sebagainya agar anak anda tidak merasa bosan saat perjalanan jauh.

Persiapkan stamina tubuh

Agar perjalanan kamu tetap maksimal. Sebaiknya kamu mempersiapkan badan kamu untuk mengemudi kendaraan saat mudik lebaran.

Untuk itu kamu harus mempersiapkan dan menjaga badan kamu agar tetap sehat. Karena kondisi saat mengemudi sangat mempengaruhi pada kondisi penumpangnya.

Rasa kantung yang menyerang dapat menghambat perjalanan dan membahayakan keselamatan penumpang.

Dan jika kamu mengantuk maka sebaiknya kamu jangan memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan. Alangkah baiknya jika kamu berhenti sejenak untuk mencari tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan kamu selanjutnya.

Cek Aki Mobil

Aki mobil merupakan hal yang paling penting agar mobil kamu tetap bisa berjalan.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman


Pastikan untuk selalu memeriksa daya aki mobil kamu dan jika aki power mobil kamu di rasa sangat lemah maka langsung saja ganti dengan yang baru.

Periksa lampu kendaraan 

Periksa juga lampu kendaraan kamu. seperti lampu utama, belakang, dan lampu sein apakah dapat menyala dengan baik.

Periksa Alarm Mobil

periksa alarm mobil apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Agar mobil dalam keadaan aman saat kamu tinggal di rest area

Cek kampas rem

Selalu cek kampas rem mobil kamu. Hal ini penting karena jika kampas rem mobil kamu habis. saat turunan tajam bisa-bisa mobil kamu akan meluncur karena tidak bisa kamu gunakan untuk mengerem.

Cek Kampas kopling

Selalu cek selalu kampas kopling kendaraan kamu. Hal ini penting karena jika kampas kompling kamu haus. mobil kamu tidak akan bisa berjalan dengan normal

Cari lokasi bengkel resmi

Cek bengkel resmi kendaraan kamu di setiap daerah yang kamu lewati. Jika terjadi hal yang tidak di inginkan kamu bisa dapat dengan mudah menemukan bengkel resmi kendaraan kamu agar kamu dapat melaju untuk melanjutkan perjalanan kamu pulang kampung.

Biasanya bengkel kendaraan kamu selalu menyediakan brosur yang terdapat juga peta mudik lebaran. Saat kamu berkunjung ke showroom mobil untuk memperbaiki sebaiknya kamu juga minta peta jalur mudik yang tersedia juga nomor kontak dari bengkel resmi mobil kamu lainnya.

Baca Juga 15 Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Kamu Aman Dan Juga Nyaman

Bawa powerbank

Untuk kamu yang suka online atau mendengarkan lagu di handphone atau kamu suka menghabiskan waktu untuk bermain game selama perjalanan pulang kampung.

20 Tips Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman


Berarti kamu wajib untuk membawa powerbank agar saat kamu membutuhkan energi listrik untuk handphone kamu kamu tidak kebingungan untuk mencarinya.

Bawa Peta

Selalu membawa peta agar kamu bisa dengan mudah menemukan jalur alternatif saat kamu pergi mudik pulang kampung.

Belum ada Komentar untuk "20 Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi Agar Lebih Aman Dan Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel