#20 Tips Pulang Kampung Dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

#20 Tips Mudik Dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi - Libur Lebaran sudah di depan mata. Beberapa keluarga bahkan sudah mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman.



Jika kamu ingin berangkat dan membawa anak kecil tentu akan banyak yang perlu dipersiapkan selain kondisi kendaraaan yang prima kamu juga perlu mempersiapkan peralatan mudik lebaran dari sekarang agar kamu tidak repot mencari beberapa hal yang kamu butuhkan selama perjalanan mudik lebaran.

Selain itu kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal untuk melakukan perjalanan mudik lebaran apalagi jika perjalanan kamu membawa anak-anak kecil.

Kamu wajib menyimak beberapa tips persiapan mudik lebaran dengan anak kecil berikut ini.

Tempatkan anak di kursi belakang

Demi keselamatan anak anda maka di sarankan semua anak kecil harus menempati kursi baris kedua. jangan pernah membiarkan anak anda di duduk di kursi baris depan jika kamu melakukan perjalanan mudik lebaran atau perjalanan wisata jarak jauh.

Hal ini karena anak-anak mudah sekali bosan, semua kegiatan mereka akan mengganggu konsentrasi pengemudi dan hal ini sangat berbahaya bagi anda.

Sediakan ruang gerak yang luas

Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan. Mobil kecil tidak disarankan untuk digunakan mudik jarak jauh. Hal ini karena sedan memiliki ruang yang terbatas dan anak-anak tidak bisa bergerak bebas.

Disarankan untuk menggunakan  mobil tipe MPV karena akan membuat anak-anak merasa nyaman dan memiliki ruang yang cukup.

Light packing

Pastikan semua barang-barang bawaan di kemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di dalam mobil.

Beberapa sela seperti kolong baris kedua kursi dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang. hindari menumpuk barang di samping kursi bersama anak. Karena hal itu sangat berbahaya dan juga dapat membuat mereka tidak merasa nyaman selama perjalanan.

Baca Juga Ingin Travelling? 11 Tips Wisata Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Persiapan saat si kecil mabuk perjalanan

Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah, jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kamu menaruh kantung muntah di tempat-tempat yang mudah di-jangkau,

Jangan lupa membawa perlengkapan anak

Bawa barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tissue, tissue basah, botol minum, botol air refill, serta mainan anak-anak agar mereka tidak merasa bosan selama perjalanan mudik.

Perbanyak koleksi buku bacaan dan referensi permainan yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik lebaran. Kamu juga bisa mengumpulkan lagu-lagu anak agar mereka juga merasa nyaman saat perjalanan.

Lengkapi mobil dengan kaca film atau tirai

Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini sangat penting agar anak anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan ke kaca mobil karena sangat berbahaya.

Kamu juga bisa melengkapi mobil kamu dengan kaca film yang memiliki fitur anti UV.

Manfaatkan fitur keselamatan kendaraan

Pastikan jendela belakang ter kontrol dari tempat kemudi anda. Kamu bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar tidak mudah di buka dan dimainkan oleh anak-anak. pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat mudik lebaran.

Koleksi film dan mainan anak-anak

Tidak ada salahnya jika kamu melengkapi mobil kamu dengan fasilitas DVD karena hal ini sangat membantu ketika anak-anak merasa bosan dengan permainan yang kita mainkan. Tidak ada salahnya memutar-kan film anak-anak yang saat ini sedang populer.

Batasi penggunaan Gadget

Jika ada memberikan akan anda sebuah gedget, pastikan tablet tersebut sudah dalam kondisi penuh namun penggunaan tablet ini harus di batasi. Kita bisa memanfaatkan perjalanan ini untuk lebih bayak beraktifitas dan berinteraksi dengan anak-anak dengan beragam aktivitas seperti bercerita, bertanya, Ngobrol dibandingkan sibuk dengan masing-masing.

Pastikan kendaraan anda baik

Agar perjalanan anda nyaman, kondisi-kan kendaraan dengan prima. Cek kelengkapan peralatan mobil dengan seksama sehingga jangan sampai anak-anak terganggu karena mobil tiba-tiba mogok di perjalanan.

Akan terasa sangat melelahkan jika kendaraan mogok dan pasti akan memicu si kecil menjadi sangat rewel karena merasa lelah dan bosan.

Baca juga 15 Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Kamu Aman Dan Juga Nyaman

Tandai rest area yang nyaman

Berhentilah setiap tiga jam hingga lima jam sekali, untuk memberikan kesempatan buang air si kecil atau sekedar meluruskan kali dan melemaskan otot yang tegang. jangan lupa bekali mereka dengan snack dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan di perjalanan.

Bawa alas tidur yang nyaman

Sediakan alas tidur yang nyaman agar bisa digunakan selama perjalanan. Minimal si kecil bisa bersandar dan tidak sampai terbentur pintu atau jendela kendaraan. Gunakan bantal yang nyaman serta selimut yang tipis agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Pastikan kondisi pendingin kendaraan berfungsi agar anak-anak tidak kepanasan.

Siapkan semua kebutuhan sang anak

Selain pakaian dan perlengkapan lain. Siapkan juga makanan pendamping ASI selama perjalanan mudik. Botol Susu, Botol minum, pemanas portable dan wadah anti bocor yang bisa kita persiapkan agar semua makanan bisa tetap fresh dan mudah untuk di oleh di dalam kendaraan.

Selain itu perlengkapan bayi saat mudik seperti popok dan pakaian yang nyaman pun juga harus dipersiapkan untuk menghadapi perjalanan mudik yang panjang. Buat Daftar pakaian dan perlengkapan yang harus dibawa agar tidak ada yang tertinggal.

Bawa P3K

Kotak P3K hanya berisi obat-obatan untuk orang dewasa. Namun jika kamu berencana untuk mudik bersama anak-anak, pastikan juga membawa obat-obatan untuk anak-anak seperti obat penurun panas, termometer, plester luka, minyak telon hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat saat kelelahan selama perjalanan mudik lebaran.

Kasur portable

Untuk beristirahat di rest area siapkan juga tikar atau kasur angin agar kamu bisa beristirahat dengan nyaman. saat di rest area, anak-anak bisa tetap bermain sambil diawasi oleh kedua orang tua. Pastikan parkir di tempat yang aman dan tidak banyak lalu lalang kendaraan.

Bawa peralatan mandi si kecil

Biasanya agar tubuh kita kembali segar selama melakukan perjalanan, kita akan melakukan kegiatan favorite kita yaitu mandi. Kamu bisa singgah atau beristirahat sejenak di masjid atau rest area pinggir jalan yang menyediakan toilet serta kamar mandi bersih dan nyaman. Selain tidak perlu repot antri juga agar lebih nyaman selama membersihkan tubuh dari keringat dan bau.

Bawa barang secukupnya

Jika bagasi mobil kamu memiliki kapasitas yang kecil, jangan paksa kan untuk membawa stroller bayi. kamu bisa menyewa stroller di tempat kamu mudik karena hal ini akan jauh lebih mudah dan ringkas karena bisa di sewa harian sesuai kebutuhan kamu.

Berangkat di waktu yang tepat

Pastikan kamu untuk selalu memantau kepadatan lalu lintas tiga hari sebelum berangkat. Kamu bisa mencari waktu terbaik untuk berangkat mudik lebaran yang biasanya setelah sahur atau sahur di jalan.

Biasanya waktu-waktu tersebut merupakan waktu paling ramai saat mudik lebaran dan biasanya akan menyebabkan kemacetan yang sangat panjang.

Baca Juga 10 Cara Untuk Menghilangkan Bete Selama Di Pesawat

Bagi tugas dan kerjasama

Apabila anda dan pasangan anda bepergian dengan lebih dari satu orang anak, berbagilah tugas. tentukan siapa yang akan mengawasi anak dan siapa yang akan membantu.

Fleksibel

Jika kamu ingin berpergian bersama bayi, maka atur-lah waktu perjalanan kamu se-fleksibel mungkin. Jika kamu pergi dengan menggunakan kereta atau pesawat cobalah untuk mengatur waktu yang se-fleksibel mungkin dengan si kecil.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi sesekali berhentilah dan merasakan suasana lokal bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga dengan si kecil. Selain itu, hal ini dapat mengurangi tingkat strees si kecil.

Jalan seru merupakan sebuah blog yang membahas mengenai perjalanan wisata atau travelling dan juga wisata kuliner selama kami mengelilingi suatu tempat atau negara.

Tidak lupa di blog kami akan kami berikan info dan juga tips untuk kamu yang berencana untuk mengunjungi suatu negara atau tempat tertentu

Jadi ikuti terus yang petualangan jalanseru.com jangan sampai ketinggalan cerita kami


EmoticonEmoticon